Header Ads

Makalah Generasi Komputer 1 sampai 5



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan dunia komputer saat ini sudah mulai sangat berkembang. Jika pada jaman dahulu user hanya bisa berinteraksi secara pasif dengan komputer, yaitu dengan menggunakan keyboard dan mouse, maka saat ini semua itu telah dilewati, user dapat berinteraksi dengan komputer dengan lebih natural. Hanya dengan menggunakan layar monitor saja, user sudah bisa berinteraksi dengan komputer yaitu dengan menggunakan layar sentuh dan dunia virtual. Komputer telah diyakini banyak ahli merupakan perkembangan dari alat hitung abakus yang ditemukan dan digunakan untuk pertama kali oleh bangsa Cina dari 2000 tahun yang lalu. Perkembangan komputer terus berlanjut dengan ditemukannya komputer generasi pertama yang berbasis mekanik hingga komputer generasi paling baru yang berbasis elektronik. Komputer sendiri pada awalnya diciptakan untuk tujuan membantu mempercepat perhitungan matematik. Generasi pertama tahun 1951 komputer modern UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) dibuat tanpa alat pendukung visual, yaitu monitor.
1.2. Rumusan Masalah
1.      Apa Pengertian Komputer?
2.      Apa saja kelebiahn dan kekurangan yang di miliki masing-masing komputer dari generasi pertama sampai kelima?
3.      Apa saja tujuan diciptakannya komputer dari generasi pertama sampai kelima?

1.3. Tujuan Penulisan
a. Untuk menciptakan sebuah aplikasi Augmented Reality (AR) dengan teknik Non-Photorealism rendering (NPR) berupa animasi model tiga dimensi yang digunakan untuk game dan animasi.
b. Menerapkan parameter specular, smooth, size, edge menggunakan logika Fuzzy metode Mamdani pada aplikasi Augmented Reality (AR) untuk medapatkan perubahan shading dari Normal menjadi Cell Shading.



BAB II
PEMBAHASAN
1.1      Pengertian Komputer
1. Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

1.2      Generasi Komputer

Mendefinisikan generasi computer setelah generasi ke-IV adalah bukan hal  yang mudah,mengingat terlalu belianya usia periodisasi dari perkembangan computer tersebut, Berikut periodesasi computer setelah periode ke-IV, antara lain:
1.      Generasi Pertama (1942-1958)
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk Mengeksploit potensi strategis Yang Dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941,

Fitur Yang Dimiliki Komputer Generasi Pertama
1.      Kalkulator Elektronik
Komputer pada masa ini sugah dilengkapi dengan Kalkulator Elektronik yang ditemukan oleh Insinyur Harvard untuk tujuan kalkulasi tingkat kompleks.
2.      Komputer Desain
Pada masa ini jerman menciptakan komputer untuk mendesain persawat terbang dan perluru kendali untuk tujuan peperangan.
3.      Fasilitas Hacking
Fasilitas Hacking sudah ditemukan pada masa ini sperti komputer yang diciptakan Inggris yang dilengkapi dengan fitur untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman.
Kelebihan Komputer Genersi Pertama
Komputer pada generasi pertama sudah berbentuk alat elektronik sekalipun tidak secara keseluruhan.
Kekurangan Komputer Generasi Pertama
1.       Komputer pada masa ini memiliki ukuran yang relatif besar dan bekerja sangat lambat. Seprti komputer yang diciptakan Ir. Harvard yang berukuran panjang  setara dengan setangah lapangan sepak bola dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 Mil.
2.       Memancarkan radiasi panas yang di pancarkan oleh ribuan tabung  vakum dan resistor.
3.       Memerlukan sumber daya listrik yang sangat bersar mencapai  160kW. (Kilo Wat) untuk mengoperasikannya.
Alasan Dibuatnya Komputer Generasi Pertama
Pada masa ini komputer lebih difungsikan untuk keperluan berperang yang terjadi pada masa perang dunia II


2.      Generasi Kedua (1958-1963)
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.

Fitur Yang Dimiliki Komputer Generasi Kedua
1.      Fasilitas penyimpanan data (Disk Storage)
Pada komputer generasi ke dua ini sudah dilengkapi dengan fasilitas penyimpanan data/disk storage, setelah ditemukan dan dikembangkannya inti besi magnetis sebagai media penyimanannya.
2.      Fasilitas Programming
Penggunaan bahasa mesin yang mulai ditinggalkan dan digntikan dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language) yang lebih mudah dimengerti. Beberapa bahasa pemrogramanpun mulai bermunculan seperti COBOL, FORTRAN, dan ALGOL.
Kelebihan Komputer Generasi Kedua
Setelah ditemukanya Transitor akibanya ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Dan membuat ukuran komputer menjadi lebh kecil. Selain itu penggunaan transitor membuat komputer lebih hemat listrik. Komputer pada generasi kedua dapat melakukan jutaan operasi perdetik dan tentu lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya.
Kekurangan Komputer Generasi Kedua
Walaupun transistor banyak dalam hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal computer.
Alasan dibuatnya komputer generasi kedua
Penggunaan komputer pada masa ini lebih digunakan untuk keperluan bisnis.

3.      Generasi Ketiga (1963-1971)
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.
Fitur Komputer Generasi Ketiga
Fitur yang membedakan komputer generasi ketiga dengan generasi sebelumnya salah satunya adalah penggunaan Sistem Operasi (Operating System) yang memungkinkan mesin dapat menjalankan program yang berbeda secara bersamaan atau multi tasking.
Kelebihan
1.      Kecepatan proses data lebih cepat dari generasi sebelumnya
2.      Membutuhkan listrik yang lebih sedikit dari generasi sebelumnya
3.      Dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter
4.      Telah dapat menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetic disk
5.      Dapat menjalankan program secara serentak atau multi tasking

Kekurangan
1.      Ukuran fisiknya masih besar
2.      Pemakaian rumit
3.      Bagian dalam/sirkuitnya masih berukuran besar
4.      Menghasilkan panas yang berlebihan seperti pada komputer generasi sebelumnya
Alasan Dibuatnya Komputer Pada Generasi Ke Tiga

5.      Generasi Keempat (1971-1993)
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.


Kelebihan Komputer Generasi Keempat
1.      Ukurannya yang lebih kecil
2.      Kapasitas memori yang besar
3.      Pengoperasian komputer lebih muda
4.      memiliki mikroprosesor berbasis sistem.
5.      banyak bahasa tingkat tinggi yang dikembangkan dalam generasi 
6.      Menggunakan Microprocessor yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip
Kekurangan Komputer Generasi Keempat
-Komputer  tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.

6.      Generasi Kelima (1993-2000)

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

1.      Kelebihan Komputer Generasi Kelima

Kelebihan komputer generasi kelima memang cukup penting dalam mendongkrak perkembangan teknologi informasi.
·         Lebih Canggih
Sudah barang tentu komputer generasi kelima lebih canggih. Dalam soal pemograman, komputer generasi kelima lebih “lengkap” ketimbang komputer generasi sebelumnya. Ia bisa melakukan apapun dalam satu waktu dan membuat apapun dengan kemudahan yang tak terbatas. Hal ini juga disebabkan karena teknologi Ram Komputer yang semakin besar kapasitasnya.

·         Lebih Praktis
Semakin berkembang zaman, praktis adalah sebuah tuntutan. Maka tak heran jika komputer generasi kelima akan menjadi lebih praktis. Dalam beberapa imajinasi tentang komputer generasi kelima, ada yang berbentuk hanya seperti bolpoin yang sangat praktis dan bisa dibawa kemana pun tanpa merasa berat seperti layaknya kita membawa laptop.

·         Lebih Cepat
Dalam komputer generasi kelima, kecepatan pemograman pasti menjadi perhatian penting. Karena ini adalah sebuah langkah kembangan dari generasi sebelumnya, maka kecepatan operasi untuk memudahkan manusianya bekerja , diperlukan.

·         Lebih Fungsional
Komputer generasi keempat hanya bisa digunakan dalam beberapa hal yang masih terbatas. Dalam generasi selanjutnya, komputer ini dicanangkan menjadi lebih fungsional. Ia mampu mengerjakan apapun, bahkan rumus matematika pun ia bisa mengerjakannya. Selain itu pula ada beberapa cita-cita dari kecerdasan buatan untuk membuat komputer generasi kelima ini memiliki logika dan pertimbangan selayaknya manusia!

·         Lebih Murah
Pasti tak dipungkiri, harga menjadi salah satu hal penting dalam pengembangan komputer generasi kelima ini. Karena sudah pasti ia akan di pasarkan ke seluruh dunia dan akan menjadi tidak efisien jika komputer generasi kelima memiliki harga yang fantastis.

·         Lebih besar kapasitas memorinya
Kapasitas memori tentu membuat komputer beroperasi lebih cepat. Komputer generasi kelima memiliki hal tersebut. Dalam bayangannya (karena komputer generasi ini belum muncul dipasaran), komputer generasi kelima mampu berlaku seperti otak manusia yang memiliki long term memory dan hal-hal luar biasa lainnya.
Kelebihan yang dimiliki komputer generasi kelima memang sangat banyak dan menguntungkan bagi manusia. Akan tetapi, ia juga memiliki sebuah kekurangan fundamental yang mana mampu mempengaruhi manusianya.

2.      Kekurangan komputer generasi kelima.

Menghancurkan eksistensi manusia
Hal ini tentu dibahas secara fundamental. Memang benar bahwa semua akan jauh lebih mudah. Komputer generasi kelima akan lebih mirip manusia karena kecerdasan buatan yang mereka miliki. Mereka mampu mengobrol dengan manusia, mampu memutuskan sesuatu, mampu memecahkan masalah yang mana manusia butuh waktu untuk melakukan itu, memiliki logika, dsb. Jika semua fungsi manusia digantikan oleh komputer generasi kelima, apa yang terjadi dengan manusianya sendiri? Hal yang mengerikan terlintas dalam benak saya ketika membayangkan bahwa manusia tak lagi mau berpikir, menyerahkan semua pada kemampuan komputer generasi kelima dan otak manusia yang sebenarnya mampu jauh lebih canggih dari komputer generasi kelima, menjadi otak yang “sia-sia”.



BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk Mengeksploit potensi strategis Yang Dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer.
Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958.
Yang pada dasarnya perkembangan generasi computer sangatlah penting bagi kehidupan umat manusia dengan bertambah canggihnya computer pada setiap generasi membuat manusia mengalami kemudahan dalam menjalankan pekerjaan dalam teknologi informasi dan komunikasi.




DAFTAR PUSTAKA

1.      Fatansyah, Ir, Buku Teks Ilmu Komputer Basis Data, Informatika, Bandung,1999

2.      Firdaus. Pemrograman Database dengan Visual Basic 6.0 untuk Orang Awam,Palembang : Maxikom, 2005

3.      Kadir, Abdul, Konsep & Tuntunan Praktis Basis Data, Percetakan AndiOffset,Yogyakarta, 1999

4.      Jogiyanto, H.M.. Analisis &Desain Sistem Informasi: Pendekatan TerstrukturTeori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi Offset,1990

5.      Mcleod, Raymond. Sistem Informasi Manajemen, Edisi Ketujuh. Jakarta : PT Prenhallindo, 2001

6.      MADCOMS. Seri Panduan Pemrograman: Aplikasi Database Visual Basic 6.0 dengan Crystal Report, Edisi I, Yogyakarta : Andi Offset, 2003

7.      Permana Budi. 36 Jam Belajar computer Microsoft Access 2003, EdisiPertama Jakarta PT. Elex Media Komputindo, 2005

8.      Riyanto Tosin dan Hokki Puji Haryadi, Cara Mudah Belajar Access 97, Penerbit Dimastindo, 1997

9.      Waljiyanto. Sistem Basis Data : Analisis dan Pemodelan Data, Edisi Pertama, Yogyakarta : J&J Learning, 2000

No comments

Powered by Blogger.